You are currently viewing Cara Mendapatkan Tiket Pesawat dengan Harga Terbaik Saat Promo Tidak Kunjung Datang!

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat dengan Harga Terbaik Saat Promo Tidak Kunjung Datang!

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat dengan Harga Terbaik Saat Promo Tidak Kunjung Datang!

Ini langkah awal krusial buat kita pergi-pergi, cari tiket! Tentu kita maunya dapat harga terbaik. Sebenernya cari tiket pesawat dengan harga terbaik itu susah-susah gampang, seperti halnya cara mencari hotel, yang penting kita rajin aja nyarinya dari berbagai celah. Kalo gw, gw bagi jadi 2 jalur utama, yaitu jalur cari sendiri dan jalur dicariin sama travel agent. Ok, langsung aja ini ya cara-caranya:

A. Jalur Cari Sendiri

  1. Browsing Tiket Pesawat Pakai Incognito Mode!

Gw jelasin pake bahasa awam gw, Incognito mode adalah cara browse sambil nyamar atau ngumpet-ngumpet supaya cookies atau riwayat browsing kita ga kesimpen di website yang kita kunjungi. Soalnya kalo kita bolak balik ngecek tiket tujuan yang sama secara tanpa Incognito Mode, nanti akan ke-record sama websitenya dan ketauan kalau kita butuh banget itu tiket kemudian naiklah harga itu tiket secara perlahan. Jadi inilah langkah awal kita saat kita cek harga tiket pesawat.

Caranya?? Di browser Google Chrome klik gambar titik-titik di kanan atas yang merupakan menu options, nanti klik “New incognito window” atau shortcut pencet aka “ctrl+shift+N” nanti akan muncul tampilan kayak gini:

Tampilan Incognito Mode

Setelah muncul tampilan kayak gitu, barulah kita browse tiket pesawat. Itu untuk Google Chrome ya. Di Mozilla ada pilihan namanya New Private Window tapi gw kurang tau fungsinya sama atau ga.

2. Gunakan fitur bar di Skyscanner terus bandingin promo Online Travel Agent!

Cari tiket di Skyscanner udah biasa? Yes. Pake fitur bar di Skyscanner juga udah biasa? Yes. Tapi cara biasa ini lumayan banget ngebantu untuk cari tanggal berapa yang harganya rendah. Caranya masukin kota berangkat dan kota tibanya terus pas pilih tanggal pilih yang “whole month”, terus sebagai contoh kita pilih Jakarta – Labuan Bajo di bulan Juni terus klik “search flight”.

Tampilan di Desktop, di mobile app juga bisa lho!

Setelah keluar page baru terus kita klik “chart” supaya kita bisa bandingin tinggi rendah harganya dengan lebih mudah kayak di bawah ini nih.

Bar Chart perbandingan harga

Kita bisa lihat sendiri mana harga rendahnya di masing-masing tanggal dan kita bisa hitung sendiri lama perjalanan yang ideal untuk trip kita sekarang. Coba sekarang kita pilih tanggal berangkat 11 Juni dan tanggal pulang 15 Juni. Kenapa ga 14 Juni kan lebih murah? Supaya bisa 4 malam aja lebih puas di sananya dengan harga tetep terjangkau. Kalo mau lebih lama lagi bisa juga itu ada pilihan pulang sampe 18 Juni. Sesuain aja sama rencana perjalanan lo.

Sekarang gw ambil tengahnya, yaitu pulang tanggal 15 Juni terus klik “get prices”. Langsung keluar deh tuh daftar harga-harga, di atas ada pilihan best, cheapest, dan fastest. Pilihlah best soalnya biasanya itu udah pilihan harga dengan kombinasi termurah dan tercepat flightnya. Bisa aja si pilih yang cheapest tapi biasanya flightnya lebih lama karena harus transit dulu dan kadang flightnya belom sama fasilitas bagasi. Jadi percuma kita pilih cheapest kalo masih harus nambah bagasi lagi, belom lagi nanti pas transit sayang waktu dan harus jajan lagi di airport transit, jatohnya malah lebih mahal. Contohnya di bawah ini nih, liat di bagian cheapest, average travel timenya 3 jam 48 menit.

Daftar Harga

Contoh di atas bulan Juni sebenernya masuk high season kalo ke Labuan Bajo, kita jadikan contoh saja bahwa walaupun high season kita masih bisa pilih tanggal dengan harga terbaik. Lo tetep bisa pilih bulan lain yang lebih low dengan cara di atas. Sekarang berarti lo udah pegang tanggal dan range harganya. Sekarang saatnya lo bandingin di semua website penyedia tiket pesawat, bandingin pake promo yang ada di situ website itu, cashback, semuanya. Tetep pake Incognito Mode ya! Kalo udah nemu harga terbaik dari semua perbandingan, buru-buru deh lo pesen.

Waktu itu sempet coba beli tiket di Tokopedia pas ke Bali, lumayan ada cashbacknya buat tambahin points di aplikasi tersebut daripada ga ada sama sekali.. haha

Invoice Tokped

B. Jalur Bantuan Travel Agent

  1. Follow Travel Agent di Social Media

Selain cari secara mandiri kayak cara di atas, kita bisa juga follow travel agent di social media sambil nunggu promo apa nih yang akan keluar nanti. Kayak di Instagram, si travel agent itu akan post di insta story atau di feed tentang promo airlines tertentu ke kota tertentu dan periode terbang tertentu dengan harga yang muree.. Ga mesti tiket, bahkan kadang-kadang suka ada paketan dengan harga ciamik. Biasanya dengan metode ini tujuan kota dan segalanya udah ditentuin dari travel agent, tanggalnya aja yang bisa disesuaikan lagi. Kalo udah oke sama spesikasi perjalanannya langsung aja contact dan pesan ke travel agent kepercayaan lo itu. Inget, harus travel agent kepercayaan lo ya..!

2. Begitu ada Travel Fair, langsung samperin ga pake ba bi bu!

Nah, cara-cara di sebelumnya kalo keadaannya lagi ga ada travel fair. Kalo udah ada travel fair? Langsung gerak lah kita ke mana promo itu digelar, misalnya Singapore Airlines suka ada di Gandaria City sampe itu tempat full, bahkan sampai ada yang nginep dari malam sebelumnya. Gw salut sama semangat mereka untuk dapatkan cashback lebih. Tapi buat yang ga mau nginep dan antri sampai panjang, kalo yang lagi ada travel fair itu adalah dari pihak airlinesnya, sebenernya kita bisa juga belinya lewat travel agent di tempat lain.

Pernah di tahun 2017 ada Garuda Travel Fair di Jakarta Convention Center (JCC) di Maret 2017. Setelah gw tau antrian, parkiran, dan segala macamnya rame banget, gw memutuskan untuk beli di travel agent lain di Pacific Place (PP). Sebelum ke PP, gw telpon dulu untuk pastiin tiket promo Garudanya bisa gw beli juga di travel agent di PP itu, dan ternyata bisa! Jadi alih-alih ke JCC, gw ke travel agent di PP aja, ga ada antrian panjang, ga riweh lah pokoknya. Sampai di sana travel consultantnya juga sangat membantu, kira-kira bandara mana yang deket dengan kotanya, tanggal yang bagus dengan harga yang oke apa nanti dibantu sama si consultantnya. Akhirnya sampailah pada ke pemesanan kita, yaitu Jakarta – Tokyo lewat airport Haneda direct flight Garuda Indonesia. Harganya? 4,8 Juta pulang pergi! Banyak yang lebih murah tapi harga ini udah lumayan bagus jadi pas lah buat gw dari segi tanggal dan lama perjalanan.

Invoice Elektronik di Travel Agent PP

Sorry banyak yang harus gw apus informasinya, yang penting point yang mau gw sampein adalah banyak banget celah untuk dapet tiket pesawat dengan harga terbaik dengan effort yang worth it juga. Segitu dulu dari gw, kurang lebihnya mohon maaf..! Selamat mencoba!

Leave a Reply